Tuesday 11 June 2013

JUST NOT IMPORTANT NOTE
~until you have read it~

Alon-alon waton kelakon, yupz pepatah Jawa ini mungkin sekarang banyak disalah artikan sebagai alasan untuk kemalasan atau menunda dalam mengerjakan sesuatu, sehingga tidak sedikit orang yang menganggap pepatah Jawa ini sudah tidak tepat untukdigunakan lagi pada jaman yang serba cepat sekarang ini. Tapi apakah demikian???

Berikut sebuah pengalaman yang saya dapatkan dari sebuah acara, “Anak Teknik Itu Harus Gaul Untuk Menatap Masa Depan.” yang mana diselenggarakan oleh Fakultas Teknik hampir setengah tahun yang lalu. Saya masih ingat saat presenter sekaligus moderator, mulai mempertanyakan pepatah Jawa ini. Dia menganggap di jaman yang serba cepat ini pepatah tersebut sudah tidak dapat diaplikasikan karena sudah dianggap “out of date”.

Yang menarik di diskusi ini adalah sebuah jawaban dari seorang CEO Schlumberger, yang mana beliau kurang sependapat dengan pernyataan tersebut. Ia mencoba meluruskan akan sedikit kesalahpahaman atas pemaknaan kata tersebut. Berikut sedikit kurang lebih ilmu yang bisa saya ambil dari pernyataan beliau.

“Alon alon waton klakon, jika dinilai substansinya bukan dari alon-alonnya tapi dari kelakonnya. Seseorang mampu menembus atau menggapai impiannya, karena dia yakin, berusaha dan berdoa. Karena perlu tekad kuat untuk mencapainya, selangkah demi selangkah. Kalo gagal maka akan terasa sakit, tapi rasa sakit itulah yang mendorongmu untuk berjuang lebih kuat lagi. Ingatlah masa lolos seleksimu, itu akan paling tidak meningkatkan semangat bertarungmu dalam menghadapi sebuah pertarungan. Orang sukses pun juga pernah dan sering mengalami galau tapi dia dengan cepat bangkit, karena dia tahu di hidupnya diatidak hanya berperan pada hidupnya sendiri tapi juga hidup orang lain juga bergantung padanya.”
Mungkin berikut sedikit pengalaman yang dapat saya ambil dari sebuah diskusi menarik  waktu itu, yang mana terabadikan di sebuah catatan kecil di HP saya. Oleh karena itu, saya coba membagikan sedikit ilmu dari catatan HP saya ini, karena saya yakin apabila hanya bersarang di HP saya, mungkin This Note is just not Important, until I can share it. Semoga  dapat bermanfaat bagi kita semua. 


No comments:

Post a Comment